Senin, 15 Desember 2014

PERKEMBANGAN ETIKA BISNIS DAN ETIKA PROFESI AKUNTANSI DI INDONESIA

Etika Bisnis Lahir di AS pada tahun 1970-an sedangkan tahun 1990-an etika bisnis menjadi fenomena global  tidak terbatas lagi pada dunia Barat.
Di Indonesia, etika bisnis sesuatu yang lama tetapi sekaligus baru. Sebagai sesuatu yang bukan baru, artinya usia etika bisnis sama dengan usia bisnis yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Terdapat beberapa perguruan tinggi terutama pada program pascasarjana telah diajarkan mata kuliah etika bisnis. Setelah itu bermunculan pula organisasi-organisasi yang melakukan pengkajian khusus tentang etika bisnis misalnya lembaga studi dan pengembangan etika usaha indonesia (LSPEU Indonesia) di jakarta.
Di Indonesia, berkembangnya profesi Akuntan sudah berjalan mulai dari masa kolonial Belanda. Selama masa penjajahan kolonial Belanda yang menjadi anggota profesi akuntan adalah akuntan-akuntan Belanda dan beberapa akuntan Indonesia. Profesi akuntan publik di Indonesia berkembangnya bersamaan dunia usaha dan pasar modal di Indonesia. Walaupun demikian, masih banyak kritikan-kritikan yang dilontarkan oleh para usahawan dan akademisi. Namun, keberadaan profesi akuntan tetap diakui oleh pemerintah sebagai sebuah profesi kepercayaan masyarakat. Di samping adanya dukungan dari pemerintah, perkembangan profesi akuntan publik juga sangat ditentukan ditentukan oleh perkembangan ekonomi dan kesadaran masyarakat akan manfaat jasa akuntan publik.

Kesimpulan :
Dalam masyarakat Indonesia Etika bisnis eksis bersamaan dengan hadirnya bisnis, semakin berkembangnya bisnis diharapkan etika bisnis dapat di terapkan dengan baik. Para akuntan diharapkan dapat mematuhi standar yang berlaku sehingga tidak banyak kritikan yang dilontarkan.

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar